Senin, 29 April 2013

DNS Server

Pengertian dns server adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, Domain Name System atau DNS server berdedikasi komputer yang memiliki sistem operasi jaringan dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan nama host (nama komputer) ke alamat IP dan sebaliknya. DNS Server berdasarkan pengertian dns server di atas yang digunakan di seluruh dunia dan membantu saat mengakses internet dan mengunjungi website. Setiap Internet Service Provider atau ISP memiliki DNS server sendiri yang menerima permintaan resolusi nama dari pelanggan itu ISP dan menyelesaikan nama host yang diminta ke alamat IP yang berhubungan. pengertian dns server penting untuk dipahami karena semua situs (yang berada di server masing-masing) yang hadir di Internet dapat dihubungi hanya melalui alamat IP yang berhubungan. Namun, kenyataannya adalah bahwa hal itu hampir mustahil bagi manusia untuk menghafal alamat IP dari semua situs yang tersedia di seluruh dunia. Ini agak lebih mudah bagi orang untuk mempelajari nama-nama situs dibanding dengan alamat IP.
pengertian dns server

Ketika pengguna mengetik nama-nama situs di adress bar web browser  (misalnya Internet Explorer), harus ada beberapa metode untuk menyelesaikan nama ke alamat IP yang berhubungan dalam rangka untuk membangun komunikasi antara komputer meminta dan server di mana website berada. Ini resolusi nama ini dilakukan dengan bantuan DNS server.

pengertian dns server Dimana DNS Server Terpasang dan Dikonfigurasi

DNS adalah roll server yang administrator terinstall sistem operasi jaringan . Sebagaimana disebutkan di atas mengenai pengertian dns server , setiap ISP memiliki DNS server sendiri. Juga, ada beberapa root DNS server yang tersedia di Internet. Selain menggunakan DNS server untuk berkomunikasi dengan komputer di Internet, dns server juga dipasang di jaringan area lokal di mana terdapat beberapa komputer terhubung satu sama lain.
Tidak seperti jaringan kecil, di mana menghafal alamat IP dari komputer lebih mudah karena jumlah  komputer yang terbatas, dalam lingkungan LAN besar itu menjadi penting untuk memiliki server DNS (baca ulang pengertian dns server) untuk menyelesaikan nama host ke alamat IP yang berhubungan. Hal ini karena tidak praktis untuk menghafal alamat IP dari beberapa komputer. Hal ini menjadi lebih menantang jika alamat IP diberikan secara dinamis melalui server DHCP dan cenderung untuk mengubah setiap saat. Karena nama host yang lebih user-friendly, menjadi lebih mudah bagi pengguna untuk mengingat mereka dan mengakses komputer remote menggunakan nama host mereka. Dalam kasus ini DNS server membantu dengan memecahkan nama host diminta untuk alamat IP mereka.

Query DNS dibagi menjadi dua kategori

Iteratif Query – Dalam iteratif permintaan DNS, pengertian DNS server diatas adalah dns server berkomunikasi dengan semua server DNS untuk mendapatkan referensi dari hop berikutnya untuk mencapai host tujuan. Sebagai contoh jika server DNS A ingin berkomunikasi dengan host Z, A akan mengirim berulang query ke server DNS B yang akan memulihkan kembali dengan referensi DNS server C. A maka akan mengirimkan permintaan ke C lagi akan memulihkan kembali dengan referensi DNS server D dan seterusnya. Iterasi ini menjalankan nya A mendapatkan alamat IP dari Z. Dalam jenis permintaan, itu adalah A yang bergerak ke sana kemari dan mengambil semua rasa sakit untuk menyelesaikan nama host ke alamat IP yang sesuai. Dalam kebanyakan kasus, berulang permintaan dikirim dari satu server DNS ke server DNS lain pengertian dns server.
Query Rekursif – ini jenis query sebagian besar diprakarsai oleh komputer client DNS. Ketika komputer klien DNS mengirimkan permintaan ke server DNS untuk resolusi nama, server DNS inisiat berulang query untuk menyelesaikan nama host permintaan ke alamat IP-nya. pengertian dns server Setelah nama host diselesaikan, server DNS ke depan hasil akhir (alamat IP dari host yang diminta) ke komputer client DNS. Karena komputer klien DNS mengirimkan query server DNS dan menerima jawaban akhir dari itu, permintaan diprakarsai oleh komputer klien DNS disebut permintaan rekursif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar